Pulau Dewata selama ini dikenal sebagai surganya dunia. Bahkan, tak hanya orang Indonesia saja yang mengakui pulau itu sebagai pulau wisata paling indah. Wisatawan dunia bahkan menobatkan Pulau Bali sebagai pulau wisata terbaik dunia.

Hebatnya, predikat ini tak hanya sekali disandang pulau kecil di timur Pulau Jawa itu. Pada tahun 2007 silam, Bali juga mendapat predikat yang sama dari beberapa media terkemuka dunia.

Tentu ini merupakan kebanggaan kita bersama. Apalagi, mengingat beberapa kali Bali diguncang peristiwa bom yang mengguncang dunia pariwisata kita.

Untuk saat ini, yang memberi predikat Bali sebagai pulau wisata terbaik di dunia adalah sebuah majalah “Luxury Travel Magazine” dari London, Inggris. Bali diberi predikat sebagai “The Best Exotic Destination” oleh pembaca majalah tersebut yang tersebar di 27 negara.

Sebelumnya, pada tahun 2007 Bali menerima tiga jenis penghargaan serupa dari dua majalah besar di Asia dan satu lagi dari sebuah majalah terkemuka di Amerika Serikat. Sedangkan tahun 2006 tercatat 4,7 juta pembaca majalah TIME yang terbit di Amerika Serikat menetapkan pilihannya Bali sebagai pulau wisata terbaik di dunia. Demikian pula Travel +Leisure di Amerika Serikat. Majalah tersebut  juga pernah menetapkan Bali sebagai pulau wisata terbaik di belahan dunia yang layak dikunjungi masyarakat internasional.

Penghargaan dari “Luxury Travel Magazine” sendiri menurut Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali Drs I Gde Nurjaya sudah diserahkan kepada Kedutaan Besar RI (KBRI) di Inggris. Ia menambahkan dengan sebuah harapan, yakni agar penghargaan tersebut bisa mengukuhkan bahwa wisata di Indonesia, Bali khususnya, tetap aman dan nyaman dikunjungi.

Bagi kita, hal ini tentu juga harus bisa dijadikan sebagai sarana introspeksi untuk terus meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia secara keseluruhan. Dan, tentunya, bukan hanya Bali. Namun, keindahan Indonesia secara keseluruhan diharap bisa mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan, utamanya di tahun yang ditetapkan sebagai Visit Indonesia Year 2008 ini. Semoga, ini jadi awal yang baik di awal tahun 2008 demi kemajuan wisata Indonesia.

Gambar